Undifferentiated Marketing : Pengertian dan Poin Penting di Perusahaan

Undifferentiated Marketing : Pengertian dan Poin Penting di Perusahaan

Undifferentiated marketing merupakan strategi pemasaran dengan meninjau pasar secara keseluruhan dan fokus pada pengemasan barang. Bertujuan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, bagus sekali diterapkan bagi perusahaan yang ingin menghemat biaya produksi. 

Undifferentiated Marketing

Produk diproduksi dalam jumlah banyak dengan sifat homogen, cocok sekali dipasarkan dengan strategi undifferentiated ini. Saat sejumlah konsumen memiliki selera yang sama, maka terbentuklah namanya homogenitas pasar. Sebelum mulai memasarkan produk, ada beberapa hal harus diketahui tentang undifferentiated marketing dan marketing executive yaitu: 

Undifferentiated Marketing : Pengertian dan Poin Penting di Perusahaan

Mengabaikan Perbedaan Segmen Pasar

Pemasaran undifferentiated artinya memasarkan produk tanpa membedakan segmen pasar. Perusahaan memproduksi suatu barang kemudian dipasarkan secara umum, tidak dibedakan target konsumen secara khusus. Jadi, bisa dibilang lebih fokus pada kebutuhan konsumen secara umum. 

Tidak dibedakan kebutuhan khusus ataupun latar belakang setiap konsumen. Karena di sini konsepnya percaya bahwa semua konsumen membutuhkan produk yang sama. Biasanya diterapkan pada penjualan produk kebutuhan sehari-hari seperti sikat gigi, odol, buku tulis dan sebagainya.

Tujuan

Tujuan undifferentiated marketing secara umum untuk meningkatkan penjualan. Berbeda sekali dengan differentiated marketing yang membeda-bedakan atau fokus pada segmen pasar. Di sini, tidak diprioritaskan kepercayaan konsumen akan kualitas namun kebutuhan terhadap produk tersebut. 

Menerapkan strategi tanpa segmentasi pasar, lebih mudah mendapat konsumen. Biasanya produk selalu berhasil terjual karena memang konsumen membutuhkannya. Tetapi, jika produk dihasilkan memiliki ciri khas khusus dan unik, maka pemasaran undifferentiated tidak cocok. 

Produk Ditawarkan Tidak Beragam

Undifferentiated marketing menawarkan satu macam produk dan mencakup seluruh pasar. Image produk tersebut bisa tertanam kuat pada konsumen tanpa membedakan target pasar. Biaya penerapan strategi ini lebih kecil dibandingkan pemasaran dengan membedakan target pasar. 

Pemasaran tanpa membedakan target, lebih mengandalkan produksi, proses distribusi hingga promosi massal. Karena hal ini, mampu menghemat biaya. Fokus perusahaan dan produk lebih kepada kebutuhan konsumen sehingga mampu menarik perhatian semua konsumen.

Itulah 3 hal yang harus diketahui jika ingin menggunakan strategi undifferentiated marketing atau pemasaran tanpa membedakan target pasar. Perusahaan meninjau pasar secara keseluruhan, teknik memasarkan produk bersifat massal untuk memenuhi kebutuhan semua konsumen.

Undifferentiated Marketing : Pengertian dan Poin Penting di Perusahaan
Scroll to top