3+ Situasi Ketika Seseorang Melontarkan Dirinya ke Udara Dalam Senam Irama ?

Situasi Ketika Seseorang Melontarkan Dirinya ke Udara Dalam Senam Irama

Situasi ketika seseorang melontarkan dirinya ke udara dalam senam irama – Menanggapi soal tersebut, mengenai mata pelajaran kesehatan jasmani. Diharapkan kamu telah membaca buku tentang olahraga senam irama. Disana dijelaskan mulai dari sejarah sampai istilah-istilah dalam senam irama. Tak hanya membaca serta memahami isi dari materi dalam buku, guru olahraga biasanya mengajakmu untuk mempraktekannya.

Situasi Ketika Seseorang Melontarkan Dirinya ke Udara Dalam Senam Irama

Situasi Ketika Seseorang Melontarkan Dirinya ke Udara Dalam Senam Irama

Senam adalah suatu cabang olahraga yang bisa dilakukan oleh individu maupun secara berkelompok. Sedangkan senam irama yakni jenis senam yang mengikuti irama musik yang menekankan ketepatan irama, kelentukan atau kelenturan tubuh, dan kontinuitas gerakan.

Dilansir dari gokemedia.com bahwa senam irama atau senam ritmik memiliki beberapa situasi ketika seseorang melakukan gerakan senam. Seperti contoh soal diatas dimana “situasi ketika seseorang melontarkan dirinya ke udara dalam senam irama” jawabannya yang paling tepat adalah lompatan.

Situasi Ketika Seseorang Melontarkan Diri Dalam Senam

Menurut KBBI, lompat atau melompat adalah melakukan gerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah, ke atas) dan dengan cepat menurunkannya lagi. 

Sedangkan meloncat adalah gerakan melompat yang dilakukan dengan kedua atau keempat kaki secara bersama-sama (seperti katak dan kelinci).

berikut ini macam-macam lompatan dalam senam irama

1.Loop Sprong

Sesuai namanya, loopsprong adalah jenis lompatan dalam senam irama yang banyak ditemui dalam senam irama. Lompatan ini  dilakukan dengan melompat lurus ke atas dengan ketinggian yang rendah. Tak hanya itu Loop sprong  biasanya juga diikuti dengan kedua tangan dibuka lebar di samping badan.

2.Gallop Sprong

Berbeda dengan loop sprong, gallop sprong yakni melakukan gerakan melompat ke depan. Caranya dengan berdiri tegak dan kedua tangan berada di samping memegang pinggang. Setelah itu gerakan melompat dengan kaki kanan diikuti dengan gerakan kaki kiri yang mengayun. 

Selanjutnya gerakan melompat menggunakan kaki kiri diikuti kaki kanan yang mengayun. Gerakan ini biasanya dilakukan secara bergantian dan berulang-ulangi.

3.ZIj Sprong

Lompatan senam berikutnya adalah ZIj sprong. Jenis lompatan ini dilakukan dengan melakukan gerakan melompat ke samping. 

Diawali gerakan dengan berdiri tegak, selanjutnya lakukan gerakan dengan mengangkat kaki kanan, terus gerakan melompat ke arah kanan sedangkan kaki kiri digunakan sebagai tumpuan saat melakukan lompatan. 

Selepas itu lakukan dengan mengangkat kaki kiri, sama halnya dengan kaki kanan.

4.Wissel Sprong

Setelah ZIj Sprong lompatan dalam senam irama adalah Wissel sprong yakni  dengan berdiri tegak terus menekuk kaki kanan di depan hingga lutut sejajar pinggang sedangkan kaki kiri juga ditekuk di belakang. 

selanjutnya naikkan badan dan lakukan lompatan dengan kaki lurus sambil berganti posisi. Lakukan pendaratan dengan kaki kiri di depan sambil ditekuk hingga lutut sejajar pinggang dan kaki kanan di belakang dalam keadaan ditekuk pula. Lakukan terus secara bergantian.

5.Koots Sprong 

Lompatan terakhir Koots sprong atau lompat pantul yaitu gerakan melompat seperti sedang melakukan lompatan pantulan di atas trampolin. 

Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak lalu melompat sambil menekuk kedua kaki dengan tangan memegang kedua lutut. Pendaratan dilakukan dengan berdiri tegak lurus dan kembali melakukan gerakan lompat.

Cukup sekian penjelasan dari soal Situasi Ketika Seseorang Melontarkan Dirinya ke Udara Dalam Senam Irama semoga bermanfaat terima kasih.

3+ Situasi Ketika Seseorang Melontarkan Dirinya ke Udara Dalam Senam Irama ?
Scroll to top