Ciri-Ciri Batu Marmer Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-Ciri Batu Marmer Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-ciri batu marmer perlu diketahui bagi Anda khususnya yang menyukai marmer untuk hiasan di Rumah. Pengetahuan tersebut berguna supaya tidak mudah terkecoh barang yang palsu. Sebab harga benda ini mahal.

Daerah Penghasil Marmer

Marmer banyak dihasilkan di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu penghasil terbesar berada di daerah Tulungagung, Jawa Tengah. Tambang tersebut sudah ada sejak masa kolonial Belanda dan dikenal memiliki kualitas yang baik.

Ciri-Ciri Batu Marmer Yang Perlu Anda Ketahui

Marmer memiliki harga yang mahal karena proses terbentuknya memakan waktu lama. Apabila menggunakan bahan bangunan ini untuk menghias ruangan akan memberikan kesan tempat yang elegan. Anda bisa memilih jasa poles marmer terpercaya untuk menghias ruangan.

Selain itu, batu marmer lokal biasanya memiliki warna yang cenderung lebih terang dan pori-pori cukup renggang. Sedangkan import warnanya lebih gelap dan pori-porinya lebih rapat. Cara mengecek kerapatan pori bisa dilakukan dengan menyiram air di atas permukaan marmer.

Mengenal Ciri-Ciri Batu Marmer

Batu marmer merupakan batuan alam dari kristalisasi batu kapur. Marmer memiliki corak yang bersifat alami yang indah. Anda dapat menjumpai kegunaannya di ruangan seperti untuk lantai, dinding, meja dan lain sebagainnya untuk pemasangan bisa menggunakan jasa poles marmer.

Ciri-Ciri Marmer

Marmer memiliki struktur yang kompak.Gugus kristalnya yang dimiliki relatif sama dengan tekstur halus sampai agak kasar. Umumnya batuan ini didominasi oleh mineral kalsit dengan kandungan mineral minor seperti chlorida, mika kuarsa, tremolit, hematit, limonit, dan graphit.

Ciri-ciri marmer yang lain yaitu memiliki kualitas tinggi punya warna putih jernih sebab kandungan kalsiumnya diatas 90%. Marmer juga dicirikan dengan goresan arah lurus lapisan grafit atau silikat gelap. Batuan ini memiliki tekstur halus maupun kasar.

Tambang Marmer Terbesar di dunia

Batu Barmer diminati oleh banyak orang. Biasanya ditemukan di wilayah perbukitan dan pegunungan di seluruh dunia. Terdapat lima lokasi tambang marmer dunia yang menghasilkan jenis marmer berkualitas tinggi.

  • Carrara Italia, pada bukit marmer carrara
  • Gunung Pentelicus, Yunani
  • Vermont, Amerika Serikat
  • Turki
  • Pinoso, Spanyol

Jenis-Jenis Batu Marmer

Batu marmer memiliki berbagai macam jenis. Masing-masing ini memiliki karakteristik yang berbeda pada setiap jenisnya. Perbedaan tersebut dapat diamati mulai dari warna, tekstur, dan komposisi mineral yang terkandung, seperti:

  • Architectural, memiliki warna, tekstur, dan kekuatan yang baik
  • Breccia, memiliki tekstur kasar
  • Cipolin, mengandung mineral yang baik
  • Onyx, mengandung material organik dan kalsit
  • Ornamental, memiliki warna yang menarik

Kegunaan utama marmer adalah sebagai bahan bangunan dan estetika ruangan. Masing-masing akan disesuaikan dengan ukuran dan tujuan. Untuk lantai maupun dinding. Itulah ciri-ciri marmer yang dapat diketahui sebagai informasi dalam memilih batuan indah tersebut.

Ciri-Ciri Batu Marmer Yang Perlu Anda Ketahui
Scroll to top